Cara Cek NUPTK, Dapodik ,PTK , Data Guru

Cara Cek NUPTK, Dapodik ,PTK , Data Guru - Cara Cek NUPTK | Dapodik | PTK | Data Guru harus di ketahui oleh seluruh elemen pendidik. Sejalan dengan perkembangan zaman, pemakaian teknologi juga diterapkan ke beberapa sendi kehidupan seperti pemerintahan, perusahaan ataupun beragam lembaga lain. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) nampaknya juga sudah menerapkan teknologi terkini untuk kepentingan pendataan guru, tenaga kependidikan ataupun jumlah murid yang terdaftar di sekolah. Kemendikbud sejak 2013 tempo hari memperkenalkan mekanisme online untuk keperluan Data Pokok Pendidik atau disingkat Dapodik. Dapodik akan tersentralisasi pada Direktorat P2TK Diknas (Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Dapodik kecuali untuk arsip data di Kemendikbud juga digunakan untuk rujukan ketika menerbitkan Surat Ketentuan Tunjangan Profesi (SKTP) untuk guru.
Cara Cek NUPTK, Dapodik, Data Guru, PTK,
Baca Juga : Cara Cek Sisa Kuota Internet Indosat

Dapodik yang memuat data pendidik dan tenaga kependidikan yaitu guru dan pegawai sekolah dilengkapi pihak sekolah lewat aplikasi online yang telah diberikan Direktorat P2TK Diknas yang selanjutnya akan disimpan pada server pusat Dapodik Kemendikbud. Data sekolah, data pendidik dan data murid tercakup dalam Dapodik. Data Dapodik terus dimutakhirkan bila ada perubahan misalnya ketika tahun ajaran baru, murid pindah atau pindahan maupun kenaikan pangkat guru. Dengan Dapodik maka dimaksudkan data yang terdapat di Kemendikbud kian akurat dan tertata rapi.

Bila anda adalah seorang guru yang sudah melengkapi data anda di Dapodik dan sudah valid memiliki jam mengajar 24 jam, ada berita menyenangkan dengan sudah cairnya tunjangan profesi. Untuk pengecekan data valid atau belum, tiap guru atau pihak sekolah dapat melihat sendiri di situs P2TK Dikdas dengan alamat p2tkdikdas.kemdikbud.go.id. Bila situs itu sedang sulit diakses, tersedia sejumlah alamat lain untuk mengakses yaitu melalui URL lain dibuat P2TK Dikdas yaitu di:
Apabila satu alamat susah dibuka, gunakan alamat URL lainnya. Begitu situs bisa di buka, selanjutnya login dengan melengkapi formulir login verifikasi data PTK dengan cara mengetikkan NUPTK milik anda dengan password yaitu tanggal lahir Anda menggunakan format tahun, bulan dan tanggal lahir Anda umpamanya apabila tanggal lahir anda yaitu 1 Januari 1980, maka password yang Anda ketikkan yaitu 19800101.

Setelah tahap log-in sukses, akan dipertunjukkan data Dapodik Anda dan disana tercantum penjelasan data Dapodik Anda valid atau tidak. Apabila data Dapodik anda sudah valid maka SK Tunjangan Profesi boleh Anda bikin. Kadang-kadang anda harus mengulangi login sekian kali sampai anda berhasil masuk ke sistem. Bisa saja beban server yang tinggi yang membuatnya sering terjadi gagal login.


Sekian yang bisa disampaikan mengenai Cara Cek NUPTK, Dapodik ,PTK , Data Guru semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.