Cara Cek Daftar Tunggu Haji Sistem Online

Cara Cek Daftar Tunggu Haji - Cara cek daftar tunggu haji tidak harus dengan mendatangi kantor Kementerian Agama ataupun kantor penyelenggara haji. Akan tetapi bisa juga ditempuh dengan pengecekan secara online. Sistem informasi terkini akan mempermudah siapa saja untuk membuka situs informasi keberangkatan haji. Haji adalah rukun Islam kelima, yang wajib dilaksanakan bagi mereka yang mampu dan mempunyai biaya ke sana. Namun bila mencermati keadaan nyata saat ini, angka calon jamaah haji yang telah terdaftar pada data Kementerian Agama RI sudah mengantri hingga tahun 2021. Waktu keberangkatan haji tahun 2021 tersebut adalah untuk calon haji yang sudah mendaftar sejak tahun 2012 hingga 2013.
Cara Cek Daftar Tunggu Haji, Cara Cek,Cara Cek Daftar Tunggu Haji, Cara Cek, cara melihat daftar tunggu haji,daftar tunggu haji jawa tengah,nama daftar tunggu haji,jawa barat,kalimantan tengah,kalimantan selatan,jawa timur,dsidoarjo,
Baca Juga : Baca Juga : Cara Cek Flashdisk Dari Kerusakan

Fakta tersebut membuktikan bahwa umat islam di Indonesia sebagian besar sudah mampu melakukan beribadah haji ke Mekah. Bahkan tidak terhitung orang islam yang sudah melakukan pendaftaran namun tidak paham kapan mereka akan diberangkatkan sebab mulai tahun 2013-2014 pemerintahan Arab Saudi malah memotong kuota jamaah haji sejumlah 20 persen untuk masyarakat Indonesia karena Masjidil Haram tengah dalam tahap perbaikan. Hal itu juga bakal beresiko semakin panjangnya daftar tunggu haji buat mereka yang sudah mendaftar.

Berikut adalah cara cek daftar tunggu haji sistem online seperti pada tahun berapakah seseorang yang sudah mendaftar akan pergi haji. Nomor antrian keberangkatan bisa diperoleh jika seseorang sudah melunasi biaya setoran awal BPIH dan akan memperoleh nomor porsi antrian calon jamaah haji yang didapatkan dari kantor Kementrian Agama.

Cara cek yaitu sebagai berikut ini :
  • Mengakses website resmi penyelenggara haji yaitu website khusus haji yang dikelola oleh Kementerian Agama RI ini beralamat di www.haji.kemenag.go.id.
  • Di laman website itu Anda bisa memperoleh semua hal mengenai haji, tak terkecuali daftar tunggu haji. Pilihlah menu 'Basis Data'
  • Kemudian ketikkan nomor porsi yang sudah Anda miliki dan terakhir tekan tombol 'Cari'
Selanjutnya akan muncul detail data pribadi calon jamaah haji yang berkaitan. Baris paling atas adalah nomor porsi selanjutnya nama lengkap serta data riwayat lainnya. Daftar tunggu haji bisa di ketahui pada halaman itu persisnya setelah data riwayat calon jamaah haji. Penuturannya berbentuk perkiraan tahun keberangkatan sekaligus urutan antrian provinsi dan kabupaten. Penjelasan tahun keberangkatan yaitu tahun hijriyah, misalnya perkiraan keberangkatan anda yaitu tahun 1436 H itu berarti anda pergi menunaikan beribadah haji tahun 2015.

Pada menu Basis data juga anda bisa membaca tabel Waiting daftar yang diurutkan berdasarkan nama Provinsi/kabupaten/kota, lengkap dengan kuota yang didapatkan, dan daftar tunggu haji s/d tahun berapakah. Juga jumlah keseluruhan pendaftar. Melihat sepintas daftar waiting daftar itu, kabupaten Wajo tampak sudah mencapai tahun 2041. Hal Itu berarti penduduk disana apabila mendaftar haji sekarang, maka baru diberangkatkan pada tahun 2041.

Sekian yang bisa disampaikan mengenai Cara Cek Daftar Tunggu Haji semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.