3 Cara Cek BPOM Yang Benar

Cara Cek BPOM - Produk makanan dan minuman kemasan wajib mempunyai standar yang ditentukan pemerintah. Hal itu disebabkan karena makanan dan minuman kemasan umumnya mempunyai konsentrasi zat tertentu yang mungkin membahayakan kesehatan. Makanan dan minuman kemasan harus mempunyai nomor registrasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan makanan). Saat anda membeli makanan kemasan, pertama yang harus diperhatikan adalah ada tidaknya nomer registrasi BPOM. Akan Tetapi ada juga produsen nakal yang mencantumkan nomor BPOM aspal atau palsu. Maka sebaiknya anda waspada ketika berbelanja makanan kemasan. Cara cek BPOM yang benar akan dijelaskan dalam uraian yang berikut ini :
cara mengecek bpom kosmetik,cara cek bpom,cek bpom cream sari,cek bpom cream rd,cek bpom jamu,cek bpom cream,cek bpom dr pure,
Baca Juga : 4 Cara Cek Saldo Bank BRI

1. Mengecek kemasan
Dengan mengecek kemasan memang tetap memungkinkan terjadinya penipuan. Hal itu dikarenakan  tidak sedikit produk makanan dan minuman dengan nomor BPOM palsu. Akan tetapi jika anda tidak memiliki cara lain, bolehlah cara ini digunakan. Coba anda lihat kemasan produk makanan atau minuman yang anda beli. Di sebelah belakang kemasan umumnya akan tertulis nomor registrasi BPOM. Jika anda melihatnya, anda baru boleh membelinya. Cara ini adalah langkah awal yang harus anda dilakukan.

2. Mengecek nomor BPOM via internet
Metode mengecek BPOM menggunakan media internet cukup mudah. Anda hanya cukup dengan mengakses website resmi BPOM yakni dengan alamat www.pom.go.id. Tapi sebelumnya anda perlu mencatat kode nomor BPOM dari produk makanan atau minuman kemasan yang hendak anda beli itu. Setelah anda mengetikkan kode registrasi BPOM produk itu maka anda akan diberikan informasi tentang produk makanan atau minuman itu. Bila nomor registrasi yang anda ketikkan itu tidak ada informasi yang anda dapatkan maka sudah pasti produk makanan dan minuman itu tidak terdaftar di BPOM. Pada situs resmi BPOM ini, anda bisa melihat berbagai produk makanan dan minuman, kosmetik dan obat tradisional yang sudah memiliki nomor registrasi BPOM.

3. Mengecek ke Balai POM
Anda tinggal menyertakan contoh produk makanan dan minuman yang anda beli. Balai POM ataupun Balai Besar POM di daerah anda akan mengecek produk yang anda beli itu dan memeriksa nomor registrasi BPOM itu.

Badan POM memang dibentuk untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat ketika membeli sebuah produk makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik, suplemen dan lain-lain. BPOM pun tidak henti-hentinya memberikan penyuluhan tentang cara cek BPOM yang benar sehingga masyarakat tidak terkecoh dengan ulah sebagian produsen yang nakal yang mencantumkan nomer registrasi BPOM abal-abal.

Nomor registrasi yang diterbitkan BPOM Republik Indonesia adalah: BPOM RI MD (pangan olahan yang dibuat di dalam negeri) dan BPOM RI ML (pangan olahan dari manca negara). Nomor registrasi terdiri dari 12 digit angka. Sedangkan bila izin itu diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota maka nomor registrasi berbentuk P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga).



Sekian yang bisa disampaikan mengenai 3 Cara Cek BPOM Yang Benar semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.