Cara Cek CDI Pada Motor Bagi Awam

Cara Cek CDI Pada Motor  - Sejalan dengan penggunaannya, beberapa peraangkat yang ada pada motor pasti akan mengalami kerusakan. Kerusakan suku cadang motor itu bisa mengakibatkan beberapa masalah mulai yang kecil sampai parah contohnya motor tidak mau menyala. Bila motor mogok, biasanya masalah ditemukan di sistem pengapian meliputi busi, koil ataupun CDI. Sistem pengapian motor bensin biasanya ada 3 jenis yakni sistem pengapian konvensional dan pengapian electrik yang wajar diberi nama CDI yang dibagi jadi 2 tipe yakni CDI arus AC dan CDI arus DC memakai regulator berupa kiprok.
Cara Cek CDI, Cara Cek, cara cek cdi rusak,cara cek cdi motor,cara cek cdi mati,cara mengecek cdi,cara mengecek cdi mobil,cara mengecek cdi mati,
Baca Juga : 3 Cara Cek Nomor Smartfren

Cara cek CDI pada motor dapat dikerjakan dengan beberapa caradan dengan menggunakan sejumlah alat kita bisa mengecek kondisi CDI. CDI atau kepanjangan dariCapacitive Discharge Ignition yaitu pengganti platina yang sering dipakai motor era lama. CDI adalah pengendali tegangan serta pengatur waktu pengapian menuju koil pengapian. Komponen kapasitor CDI akan menampung listrik sementara dan bila terjadi sinyal yang berasal dari pulser/sensor selanjutnya CDI akan mengalirkan listrik menuju koil. Apabila CDI rusak jelas listrik tidak akan mencapai koil dan itu akan menyebabkan busi tidak dapat memantik api serta motor tak bisa dinyalakan.

Ada beberapa cara mengecek CDI pada motor. Pemeriksaan bisa dikerjakan dengan urutan ada tidaknya api pada kabel koil, kemudian ke sepul dan terakhir pengecekan CDI. Apabila motor mendadak mati waktu dipakai, baiknya anda menepi dulu dan mencari tempat yang aman memarkir motor. Pertama buka cop busi, dekatkan kabel ke busi dan cobalah nyalakan motor anda. Bila tidak terjadi percikan api yang dihasilkan busi, maka dapat diyakini permasalahan ada pada mekanisme pengapian.

Guna memastikan komponen pengapian mana yang rusak, cek lebih dahulu performa aki, sepul dan sekering masih dalam keadaan normal atau telah soak. Bila seluruhnya berfungsi dengan normal, setelah itu cek komponen koil. Lepas soket positif CDI dan lekatkan ke ground setelah itu starter motor. Bila tidak muncul percikan api, bisa di pastikan bahwa CDI moor anda rusak dan saatnya diganti baru. Di samping itu, cara cek CDI pada motor itu rusak atau tak dapat juga dikerjakan dengan memakai Avometer.

Langkah mengecek dengan Avometer ini dengan menyetel lebih dulu di sinus 200 Volt. Tempelkan kabel merah Avometer di kabel CDI yang terhubung ke koil. Sementara kabel hitam Avometer ditempelkan ke bodi motor. Sesudah itu hidupkan motor menggunakan starter dan perhatikan jarum Avometer apakah terdapat arus yang keluar CDI atau tidak. Kalau tiada arus listrik yang keluar dari CDI, jelas CDI dalam kondisi rusak dan tak ada jalan lain selain menggantinya dengan CDI baru. Anda tak harus menjadi seorang montir untuk tahu cara cek CDI di motor karena memang mudah.



Sekian yang bisa disampaikan mengenai Cara Cek CDI Pada Motor semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.