Bagaimana Cara Cek IMEI di Ponsel Anda Dengan Mudah

Bagaimana Cara Cek IMEI - Cara memblokir handphone yang akan ditempuh pemerintah demi mengurangi perdagangan handphone ilegal agak membuat resah masyarakat. Hal itu disebabkan publik awam tentang cara memastikan handphone mereka termasuk legal atau ilegal. Satu di antara cara dalam memblokir handphone ilegal yaitu dengan mengetahui nomor IMEI. Nomor IMEI atau kepanjangan dari The International Mobile Station Equipment Identity yaitu identitas yang ada di setiap handphone yang di jual di seluruh dunia. Produsen handphone tidak akan mungkin merilis ponsel yang memiliki IMEI ganda selain dari kemungkinan handphone merek itu dipalsukan.
cara cek imei hp,cara cek imei hp lenovo,cara cek imei hp smartfren,cara cek imei hp asli,cara cek imei hp samsung s4,cara cek imei hp blackberry,cara cek imei hp asus,imei hp nokia,
Baca Juga : Cara Cek Bonus XL

Maka dari itu cara cek IMEI di ponsel Anda harus anda ketahui agar bisa dengan dini mengecek apakah IMEI handphone anda asli atau tidak. Caranya juga mudah seperti diterangkan berikut ini :
  • IMEI biasanya diprint dengan jelas di belakang badan ponsel. Sehingga, apabila dibagian belakang ponsel Anda tidak terdaftar 15 digit nomor IMEI, bisa saja handphone anda yaitu handphone tiruan. Walau demikian, itu bukanlah satu-satunya cara mengecek orisinalitas IMEI.
  • Cara cek IMEI selanjutnya adalah dengan dial ke nomor *#06# di handphone Anda. Selanjutnya secara otomatis akan muncul jejeran 15 angka IMEI handphone itu. Sesudah IMEI diperoleh, secepatnya cek keaslian nomor tersebut. Hal itu bisa ditempuh dengan mengeceknya via internet menggunakan layanan yang didapatkan dari situs NumberingPlans. com. Sesudah mengakses situs itu, selanjutnya akan tersedia kolom dengan tulisan 'Enter IMEI number below'. Ketikkan 15 digit IMEI yang Anda dapatkan tadi pada kolom itu. Terus klik tombol 'Analyse'. Di situ akan keluar semua data tentang handphone Anda. Diawali dari vendor pembuatnya, tipe handphone sampai tanggal penjualan juga tercantum dengan detail di situ.
  • Cobalah anda bandingkan data tersebut dengan handphone yang Anda mempunyai. Apabila sesuai, pasti handphone Anda sudah nyata keasliannya dan mustahil akan dihentikan koneksi signal-nya oleh pemerintah. Sedangkan apabila ternyata info pada situs tersebut tidak cocok dengan handphone Anda, boleh jadi handphone yang anda beli itu palsu. Secepatnya anda tanyakan tentang hal itu ke toko dimana Anda membeli handphone tadi sebelum seluruhnya terlambat.
  • Dikabarkan bahwa paling tidak 50 juta handphone akan dinonaktifkan sinyal seluler mereka sesudah Kementerian Komunikasi dan Informatika bersinergi dengan Kementerian Perdagangan sekaligus beberapa pimpinan provider telekomunikasi menyepakati langkah memblokir IMEI handphone ilegal. Hal semacam itu disebutkan oleh Menteri Perdagangan, Gita Wiryawan yang menyebutkan bahwa terdapat lebih kurang 10 - 15% atau lebih kurang 50 juta telepon genggam yang digunakan di Indonesia terdeteksi memiliki nomor IMEI unlegitimated.
  • Apabila cara cek IMEI di ponsel anda mudah, kenapa anda tak segera mengeceknya sekarang juga. Anda tentunya tidak ingin ponsel anda tiba-tiba tak bisa digunakan dikarenakan terindikasi sebagai ponsel ilegal. 

Sekian yang bisa disampaikan mengenai Bagaimana Cara Cek IMEI semoga bisa bermanfaat  untuk Anda semua.